Saturday, December 8, 2012

ALAT-ALAT PERMAINAN PADA ANAK USIA DINI

MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
ALAT-ALAT PERMAINAN AUD”




Oleh :
MIKE FEBRIANI
NIM : 1105787/2011


PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “alat permainan Peabody” ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu matakuliah media pembelajaran anak usia dini.
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data-data sekunder yang penulis peroleh dari buku panduan yang berkaitan dengan alat permainan aud, serta infomasi dari media massa yang berhubungan dengan alat permainan aud, tak lupa penyusun ucapkan terima kasih kepada pengajar matakuliah media pembelajaran anak usia dini atas bimbingan dan arahan dalam penulisan makalah ini. Juga kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mendukung sehingga dapat diselesaikannya makalah ini.
Penulis harap, dengan membaca makalah ini dapat memberi manfaat bagi kita semua, dalam hal ini dapat menambah wawasan kita khususnya bagi penulis. Memang makalah ini masih jauh dari sempurna, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan menuju arah yang lebih baik.


Padang , Oktober 2012

Mike Febriani







DAFTAR ISI

Daftar Isi……………………………………………………………………………………
Kata Pengantar……..………………………………………………………………………
BAB I    PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang…...…………………………………………………………………….
1.2  Tujuan Penulisan………………..………………………………………………………
1.3  Manfaat Penulisan…………………………………………………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
2.1  jenis jenis alat permainan Montesori…..…………………………………………………
2.2 pembuatan alat permainan Peabody……...........…………………………………………
2.3penggunaan alat permainan cuiseinare ……………………………………………………
BAB IIIPENUTUP
3.1Kesimpulan…………………………………………………………………………….
Daftar Pustaka…………………………………………………………………………….


 BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Kegiatan bermain (belajar) merupakan dunia anak. Pada usia 4 – 6 tahun atau pada masa pendidikan Taman Kanak-kanak anak sudah sangat membutuhkan alat untuk bermain dalam rangka mengembangkan kemampuannya, sesuai dengan apa yang dilihat, dialami kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar mereka. Bermain dengan menggunakan alat permainan dapat memenuhi seluruh aspek kebahagiaan anak. Pada saat anak merasakan senang, maka pertumbuhan otak anak pun kian meningkat sempurna sehingga akan makin memudahkan anak dalam melakukan proses pembelajarannya. Oleh karena itu alat permainan ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan anak. Pada pembahasan  ini Anda akan mempelajari dan mencermati alat permainan. Alat permainan sebagai sumber belajar mengandung makna bahwa alat permainan tersebut dirancang, dibuat, dan dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan kepada anak TK dalam kegiatan bermainnya (belajar). Mudahmudahan Anda dapat memahami dengan jelas materi modul ini.

1.2         tujuan Tujuan
a)      Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah media pembelajaran anak usia dini
b)      Untuk menambah wawasan tentang jenis jenia alat permainan yang diciptakan oleh para ahli
c)      Untuk menambah wawasan tentang pembuatan alat permainan aud
d)     Untuk menambah wawasan tentang penggunaan alat permainan aud

1.2         Manfaat
a)      Mahasiswa dapat mengetahui jenis jenis alat permainan aud
b)      Mahasiswa dapat mengetahui pembuatan alat permainan aud
c)      Mahasiswa dapat  mengetahui pnggunaan alat alat permainan aud



BAB II
pembahasan
Pemilihan dan penggunaan alat permainan Peabpdy di PAUD
Untuk pengembangan kemampuan berbahasa ini, kakak beradik Elizabeth Peabody membuat boneka tangan. APE ini terdiri atas dua boneka tangan yang berfungsi sebagai tokoh mediator yaitu tokoh P. Mooney dan Joey. Boneka tersebut dilengkapi papan magnet, gambar-gambar, piringan hitam berisi lagu dan tema cerita serta kantong pintar sebagai pelengkap.

APE karya Peabody ini memberikan program pengetahuan dasar yang mengacu pada aspek pengembangan bahasa yaitu kosa kata yang dekat dengan anak. Oleh karena itu tematemayang dipilih dan diramu harus sesuai dengan pengetahuan dan budaya anak setempat. Walaupun tokohnya tidak menggunakan P Mooney dan Joey tetapi jenis APE ini mengilhami pembuatan boneka tangan yang dikembangkan di Indonesia. Boneka tangan yang dimainkan dengan tangan ini dikembangkan dengan menggunakan panggung boneka yang dilengkapi layar yang dapat diganti sesuai cerita anak-anak TK di Indonesia.

Alat permainan ini diciptakan untuk membantu anak dalam pengembangan bahasa secara intensif yaitu pengenalan bentuk, warna serta berbagai kosa kata yang dekat dengan anak. Sistem pengulangan yang diberikan dengan berbagai variasi membuat anak tidak bosan sekalipun mereka sudah mengetahuinya. Penggunaan imajinasi akan membantu anak menguasai dan mengembangkan kreativitasnya. Alat permainan berupa boneka tangan ini dapat dipergunakan untuk mengungkap berbagai perasaan anak. Perasaan yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari-harim kecemasan, ketakutan, perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan dan lain-lain teruangkap dengan penuh spontanitas sesuai dengan jiwa anak.
Dalam perangkat APE Peabody tersebut terdapat banyak benda mainan, seperti boneka dua tangan yang  berfungsi sebagai mediator, yaitu P.Moone dan Zoey, satu tongkat  ajaib, satu kantong pintar, Papan magnet, seperangkat bentuk yang terbuat dari logam atau piringan hitam yang berisi lagu maupun cerita, dan berbagai gambar untuk meningkatkan kosakata serta konsep lainnya.

Berbagai alat permainan edukatif  tersebut diprogram, sehingga dapat memberikan pengetahuan dasar yang mengacu pada pengembangan bahasa secara intensif, yaitu pengenalan bentuk, warna serta berbagai kosakata yang sederhana dan mudah dipahami anak.

Tema tema yang dipilih dan diramu oleh guru harus relevan dengan pengetahuan anak dari berbagai macam budaya. Dengan metode ini, berbagai perasaan anak akan terungkap. Perasaan yang biasa dirasakan anak dalam kehidupan sehari hari, kecemasan, ketakutan, perasaan senang, harapan, perasaan mencekam, kesedihan dan lain lain terungkap dengan penuh spontanitassesuai dengan jiwa anak.

Peabody boleh disebut pelapor pengembangan bahasa. Dalam pengembangan pendidikan  dan tumbuhnya berbagai teknologi meodern, kadang kadang dipakai sebagai tambahan saja karena tetap dikembalikan kepada pendidik. Yang menarik adalah pengetahuan ini berdifat mendasar, maka dapat dipakai oleh setiap kebudayaan.

  1. Jenis jenis alat permainan yang diciptakan peabody
Jenis jenis alat permainan yang diciptakan oleh peabody diantaraya:
  1. 2  Boneka tangan (P.Mooney dan Zoey)
Cirri-ciribonekatangan :
  • Terbuatdarikainperca
  • Bisadimasukkantanggankedalamboneka.
  • Tangandapatbergerakbebasdidalamboneka
  • Untukbagiankepala 3 jaridapatdimasukkan
  • Jarikelingkingdanjempolmengerakkantangandariboneka


  1. Satu tongkat bola ajaib
Cirri-ciritongkatajaib :
  • Pannjangtongkat 30 cm
  • Biasanyatongkatterbuatdarikayuataubesi
  • Biasanyadiujungatastongkatterdapatsebuahgambar (biasanyagambar yang seringkitatemukanadalahgambarbintang)

Ciri-ciri bola ajaib :
  • Berbentukbulat
  • Bisadiputar-putar

  1. Satu kantong pintar
Cirri-cirikantongpintar :
  • Terbuatdarikain
  • Bisadimasukkansesuatudidalamnya
  • Biasanya di bagianataskantongberlubang
  • Ukurankantongkuranglebih 15 cm
  • Biasanyadidalamkantongterdapatkartu-kartubergambarsesuaidengantema

  1. Seperangkat kartu gambar,
Ciri-cirikartugambar :
  • Terbuatdarikertas
  • di kertasbiasanyaterdapatgambar
  • berbentuksepertikartu
  1. Papan magnit
Ciri-ciripapanmagnet :
  • Teerbuatdaripapan
  • Dipapanterdapat magnet

  1. Seperangkat bentuk bentuk yang dibuat dari logam.


  1. Piringan hitam untuk lagu maupun cerita yang berssangkutan dengan berbagai tema
Ciri-ciripiringanhitam :
  • Bulatpipih
  • Ditengah-tengahberlubang
  • Berwarnahitam
  • Bisadiputarkannyannyian

  1. Pembuatan alat permainan peabody

  1. Pembuatan boneka tangan
Bahan yang diperlukan:
ü  kain warna warni (velt atau jenis kain lainnya yang tidak bertiras)
ü  gunting
ü  jarum
ü  benang sulam
Teknik Pembuatan :
ü  Kain dibentuk sesuai dengan figur cerita.
ü  Satu narasi cerita dapat 10 boneka.
ü  Potongan kain ukuran 4 – 6 cm
ü  Penyelesaian boneka dijahit dengan tusuk feston.
Contoh gambar boneka tangan:


  1. Pembuatan tongkat bola ajaib
Alat/ Bahan yang disediakan
ü  Stik/kayu yang berukuran 30 cm
ü  Bola yang berdiameter 5 cm
ü  Kain perca
Teknik pembuatan
ü  Lubangi bola seukuran dengan lebar stik/kayu
ü  Lilitkan kain perca pada stik/kayu hingga semua bagian tertutup
ü  Tempelkan bola yang telah dilubangi pada ujung stik /kayu
ü  Tongkat ajaib siap digunaka
ü  contoh gambar tongkat ajaib:

  1. Pembuatan kotak pintar/kantong pintar
Alat/bahan yang disediakan :
ü  Kardus/ karton/kain kecil berukuran 15 X 6 cm
ü  Kertas kado secukupnya
ü  Lem
ü  Jarumdanbenang
ü  pita
Teknik pembuatan
ü  Bungkus kotak dengan menggunakan kertas kado
ü  rekatkan kertas dengan menggunakan lem
ü  hiasi kotak ajaib sesuai dengan keinginan
ü  kotak ajaib siap digunakan
kantongajaib:
ü  ambilkainpersegibentuksesuaiselera
ü  jahitpinggirnya
ü  hiasdengan pita sesuaiselera

  1. Pembuatan gambar gambar,
Alat/bahan yang disediakan
ü  Pensil
ü  Lpenghapus
ü  Kertas
ü  Spidol warna
ü  Rol
ü  Peraut
Teknik pembuatan :
ü  Buat pola gambar yang diinginkan pada kertas
ü  Warnai gambar yang telah dipola
ü  Gambar siap digunakan
Contoh gambar :

  1. Pembuatan Papan magnet
Papan magnet atau lebih dikenal “White Board” atau “magnetic Board” adalah sebilah papan yang dibuat dari lapisan email putih pada sebudang logam sehingga pada papan ini dapat ditempelkan benda-benda yang tidak berat jika pada alasnya direkatkan sepotong magnet. Permukaan papan magnet itu bisa digunakan sebagai papan tulis dengan menggunakan spidol khusus (board marker).Tulisan pada papan putih ini dapat dihapus de-ngan mudah, yaitu dengan alat penghapus papan tulis biasa.Papan magnet/ papan putih ini dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai papan tulis dan sekaligussebagai papan flanel (sebab berlapis pelat logam), serta dapat pula dipakai sebagai layar untuk memproyeksikan film atau slides.

Sebagai papan tulis, papan magnet mempunyai keistimewaan antara lain:
ü  Alat tulis untuk papan ini dibuat khusus (board marker), sehingga mudah dihapus dengan penghapus papan tulis biasa.
ü  Karena guru memakai spidol, maka ia tidak kuatir lagi terkena debu kapur tulis seperti jika menggunakan papan tulis biasa.
ü  Bentuk papan ini dibuat sedemikian rupa sehingga lebih mudah dipindah-pindahkan dan papan dapat dibalik dengan ringan, yaitu dengan cara memutarnya.
ü  Tulisan yang lebih terang dan berwarna-warni akan lebih meningkatkan perhatian siswa dan semangat belajarnya.
Dibandingkan dengan papan flanel, harga papan magnet atau papan putih ini memang lebih mahal, namun jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperolehnya penggunaan papan putih ini akan lebih menguntungkan.

Beberapa kelebihan
ü  Tempelan pada papan magnet lebih kuat dan pada papan ini dapat juga ditempelkan benda-benda tiga dimensi ukuran kecil (artinya benda yang tidak terlalu berat).
ü  Jika dipakai di lapangan terbuka untuk memvisuali-sasikan pelajaran olah raga, angin tidak mudah menerbangkan apa yang ditempelkan pada papan tersebut.
ü  Simbol-simbol yang diberi magnet dapat dipindah-pindahkan tanpa mengangkatnya terlebih dahulu, tetapi cukup dengan meluncurkannya.
  1. Pembuatan piringan hitam
Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini piringan hitam sudah tidak efektif digunakan lagi, akan tetapi dahulu digunakan sebagai alat memutarkan musik/suara suara yang ditujukan untuk pengembangan bahasa anak. Saat ini piringan hitam dapat ditukar dengan mp3, suara tape recorderdan lain sebagainya.
  1. Pembuatanbonekajari
Alatdanbahan:
ü  Kainperca
ü  Benangdanjarum
ü  gunting

Teknikpembuatan
ü  potongkainpercaseukuranjari
ü  jahitpinggirnyahinggamelingkarpadajari
ü  buatmatadanaksennyadarikainperca lain
ü  bonekasiapdigunakan

contohgambarbonekajari :
  1. Penggunaan alat permainan peabody
  2.  Boneka tangan (P.Mooney dan Zoey
Cara Penggunaan :
ü  Sebagai pendahuluan, guru menyebutkan judul cerita untuk menarik minat anak
ü  Guru memasang boneka tanganpadatangannya
ü  guru memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti jalannya cerita dengan mendengarkan dialog atau komentar
ü  guru menggerakkan boneka jari dengan jalan menggerakkan jari ketika tokoh cerita sedang dialog
ü  guru menjawab pertanyaan dan menanggapi komentar anak agar lebih menghayati cerita
ü  guru memberi kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali (mengkomunikasikan cerita yang menggunakan bonela jari denganbahasa sendiri secara individual
ü  guru memupuk dan mendorong keberanian anak menceritakan kembali cerita yang dilihat
ü  guru melakukan pengamatan terhadap penampilan murid yang meliputi aspek pengetahuan, kemampuan keterampilan dan sikap

  1. Satu tongkat bola ajaib
Cara pengunaannya:
Pada saat drama antara dua boneka, salah satu dari tokoh drama menggunakan tongkat ajaib untuk mengeluarkan benda benda dari kantong ajaib, di sini guru dapat melatih kemampuan berbahasa anak karena anak di ajak untuk menebak apa yang akan keluar dari kantong ajaib.
  1. Satu kantong pintar
Cara penggunaannya :
Guru menggunakan kantong pintar untuk menyimpan benda benda yang akan di tebak oleh anak anak
  1. Seperangkat gambar gambar,
Cara penggunaannya :
Guru menunjukkan gambar kepada anak dan anak menebak nama gambar tersebut

  1. Papan magnit
Cara penggunaannya :
Guru menempelkan barang barang yang terbuat dari logam, seperti buah buahan ataupun gambar gambar yang dapat ditempelkan pada papan magnet yang terbuat dari logam ataupun besi

  1. Seperangkat bentuk bentuk yang dibuat dari logam.
Cara penggunaannya :
Guru menunjukkan bentuk bentuk yang terbuat dari logam dan anak di ajak untuk menebak nama benda tersebut

  1. Piringan hitam untuk lagu maupun cerita yang berssangkutan dengan berbagai tema
Cara penggunaannya :
Guru memutarkan musik dan anak anak diajak untuk bernyanyi bersama atau mengulangi apa yang telah mereka dengarkan



PENUTUP

3.1        Kesimpulan  
Permainan peabody terdiri dari :
  1. 2  Boneka tangan (P.Mooney dan Zoey)
  2. Satu tongkat bola ajaib
  3. Satu kantong pintar
  4. Seperangkat gambar gambar,
  5. Papan magnit
  6. Seperangkat bentuk bentuk yang dibuat dari logam.
  7. Piringan hitam untuk lagu maupun cerita yang berssangkutan dengan berbagai tema
Kesemuanya tersebut dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak.


3.2        Saran
Semoga makalah ini dapat berguna untuk menambah wawasan kita tentang alat permainan yang diciptakan peabody, dan kita juga dapat mencontohkan penggunaan alat alat permainannnya dalam mengembangkan bahasa anak.



DAFTAR PUSTAKA
Hartati, Sri. 2009 :Media Pembelajaran AUD. Padang. UNP PRESS
http://linakura.multiply.com/journal/item/9
http://www.scribd.com/doc/56908914/Alat-Permainan-Edukatif-Untuk-Anak-Tk
http://fkip-paud.blogspot.com/2012/06/bermain-seraya-belajar-vs-belajar.htmlhttp://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Bermain+dan+Permainan/Balita/kiat.aman.mainan.dari.logam/001/003/104/10/3

2 comments:

Jangan lupa tinggal kometar anda, thank's

[url=http://www.glitter-graphics.com] Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...